Puasa 9 - 10 Muharam | Al Hadits Nabi Muhammad SAW

Posted by Shopping - Software IRFAN on Saturday, September 17, 2011


  • Dari Ibnu ‘Abbas r.a. : “Tidak pernah aku melihat Nabi SAW.  sengaja berpuasa pada suatu hari yang Beliau istimewakan dibanding hari-hari lainnya kecuali hari ‘Asyura’ dan bulan ini, yaitu bulan Ramadhan”. (HR. Bukhari:1867)

مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ إِلَّا هَذَا الْيَوْمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ يَعْنِي شَهْرَ رَمَضَانَ

  • Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Hisyam bin ‘Urwah dari ayahnya dari Aisyah r.a., ia berkata: dahulu Hari ‘Asyura adalah berpuasanya orang-orang Quraisy pada masa jahiliyah, dan Rasulullah SAW. melakukan puasa pada masa jahiliyah, kemudian tatkala RasulullahSAW. datang ke Madinah beliau berpuasa pada hari tersebut dan beliau memerintahkan untuk berpuasa. Kemudian tatkala diwajibkan puasa pada Bulan Ramadhan maka puasa itulah yang diwajibkan dan puasa hari ‘Asyura di tinggalkan. Barangsiapa yang berkeinginan (berpuasa) maka ia (boleh) berpuasa, dan barangsiapa berkeinginan (tidak berpuasa) maka ia (boleh) meninggalkannya. (HR.Abu Daud:2086)
  • Abu Ghatafan berkata:; saya mendengar Abdullah bin Abbas ketika Nabi SAW. berpuasa pada hari ‘Asyura ia berkata; dan beliau memerintahkan kami agar berpuasa pada hari tersebut. Para sahabat kertanya; wahai Rasulullah, itu adalah hari dimana orang-orang yahudi dan nashrani mengagungkannya. Kemudian Rasulullah SAW.  bersabda: “Apabila tahun depan maka kita akan berpuasa pada hari kesembilan.” Kemudian belum datang tahun depan Rasulullah SAW. telah meninggal dunia. (HR.Abu Daud:2089)
  • Beliau Nabi SAW. ditanya tentang puasa pada hari ‘Asyura`, beliau menjawab: “Ia akan menghapus dosa-dosa sepanjang tahun yang telah berlalu.” (HR. Muslim:1977)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment